Silabus Dirasah Islamiyah 2010


Mata Kuliah : Dirasah Islamiyah
Jurusan : Ilmu Hukum
Kode/SKS : 2 Sks
Dosen : Prof. Dr. H. Chozin Nashuha, MA.
Dosen : Ayi Yunus Rusyana, M.Ag.
Kompetensi :

  1. Mahasiswa dapat memahami agama Islam dalam berbagai perspektif
  2. Mahasiswa dapat memahami realitas keberagamaan umat Islam dan memahami isu-isu kontemporer
  3. Mahasiswa bersikap kritis, memiliki wawasan plural dan bersikap toleran terhadap perbedaan.

Beberapa Topik Inti

  1. Pengantar Dirasah Islamiyah
    a. Pengertian Dirasah Islamiyah/Studi Islam
    b. Ruang Lingkup Dirasah Islamiyah
    c. Urgensi Mempelajari Dirasah Islamiyah
    d. Pertumbuhan Studi Islam Dulu dan Sekarang
    e. Manfaat Dirasah Islamiyah bagi Mahasiswa Ilmu Hukum
  2. Islam Sebagai Agama
    a. Kebutuhan Manusia Terhadap Agama
    b. Fungsi Agama dalam kehidupan
    c. Hakikat Islam
    d. Dimensi Ajaran Islam: Aqidah, Syariah dan Akhlak
  3. Islam dan Kebudayaan
    a. Kebudayaan: Pengertian, Unsur dan Fungsi
    b. Kelahiran Islam & Sentuhan Budaya Arab-Pra Islam
    c. Islam Antara Gejala Sosial dan Budaya
    d. Pendekatan Pokok dalam Studi Budaya
  4. Karakteristik Ajaran Islam
    a. Tauhid Sebagai Inti Ajaran Islam
    b. Nilai-nilai Perdamaian dalam Islam
    c. Islam dan Keadilan Sosial
    d. Islam Agama Antikorupsi
    e. Universalitas dan Rasionalitas Ajaran Islam
  5. Sumber Ajaran Islam
    a. Pengertian dan Fungsi Al-Qur’an
    b. Pengertian dan Fungsi Al-Sunnah
    c. Pengertian dan Fungsi Ijtihad
  6. Aliran Pemikiran dalam Islam
    a. Potensi Inderawi, Akal dan Qalbu
    b. Dimensi Islam, Iman dan Ihsan
    c. Aliran Fiqh, Kalam dan Tasawuf
  7. Beberapa Pendekatan Studi Islam
    a. Pendekatan Antropologis
    b. Pendekatan Sosiologis
    c. Pendekatan Fenomenologis
    d. Pendekatan Filosofis
    e. Pendekatan Historis
    f. Pendekatan Politis
    g. Pendekatan Psikologis
    h. Pendekatan Interdisipliner
  8. Aneka Metodologi Memahami Islam
    a. Metodologi Ulumul Tafsir
    b. Metodologi Ulumul Hadits
    c. Metodologi Filsafat dan Teologi (Kalam)
    d. Metodologi Tasawwuf dan Mistis Islam
    e. Metodologi Kajian Fiqh dan Kaidah Ushuliyah
    f. Metodologi Pemikiran Modern
    g. Metodologi Tekstualitas dan Kontekstualitas
    h. Metodologi Muqaranah Madzaahib
  9. Perbandingan Agama dalam Studi Islam
    a. Arti Perbandingan Agama
    b. Relasi Islam dengan Agama-agama di dunia
    c. Faktor Perbedaan dan Kesamaan Keyakinan Agama
    d. Problem dan Prospek Dialog antar Agama
  10. Studi Kawasan Islam
    a. Arti dan Asal-Usul Studi Kawasan Islam
    b. Orientalisme: Melihat Islam Kritis
    c. Oksidentalisme: Menjawab Islam Sejati
    d. Problem dan Aspek Pendekatan Studi Kawasan
  11. Islam dan Gagasan Universal
    a. Islam dan Globalisasi
    b. Islamisasi Sains
    c. Pluralisme Agama-Agama
  12. Dinamika Islam di Indonesia
    a. Islam Liberal vs Islam Tradisional
    b. Formalisasi Syariat Islam
    c. Jihad dan Terorisme
    d. Fenomena Aliran “Sesat”

Metodologi Pembelajaran
Perkuliahan di kelas akan diaplikasikan metode pembelajaran holistik, yaitu penggabungan antara kuliah dalam bentuk penjelasan (lecturing) dari dosen, diskusi egaliter antara dosen-mahasiswa, dan mahasiswa-mahasiswa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah, kepercayaan diri (self confidence), serta berkomunikasi satu sama lain (interpersonal skill). Sementara di luar kelas, mahasiswa secara individu dituntut untuk membaca berbagai literature dan menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan.

Tugas – Tugas (Assignments)
Untuk menunjang proses pembelajaran holistik setiap mahasiswa diharuskan untuk mengerjakan tugas-tugas sebagai berikut:
1. Tugas Membaca (Reading Assignment)
Setiap mahasiswa diharuskan membaca terlebih dahulu meteri yang akan diberikan dengan merujuk ke buku pegangan yang digunakan sebelum masuk ke kelas. Diharapkan mahasiswa dapat mengikat makna terhadap literature yang dibacanya, dengan cara menuliskan point-point penting dan menyiapkan bebeberapa pertanyaan.
2. Tugas Menulis (Writing Assignment)
Setiap mahasiswa diharuskan menulis tiga tulisan; yang pertama tulisan reflektif (tulisan yang mengapresiasi topic tertentu, berdasarkan opini penulis dan pengalaman pribadi); kedua tulisan ilmiah/makalah tentang topic yang telah disediakan di atas; dan ketiga, resensi buku (book review), yaitu tulisan dengan tujuan untuk mengulas dan menilai satu judul buku.
3. Tugas Presentasi Kelompok (Group Presentation Assignment)
Secara berkelompok, mahasiswa akan ditugaskan untuk mendiskusikan suatu topic dan mempresentasikannya di hadapan kelompok yang lain. Semua mahasiswa mesti berpartisipasi aktif dalam bertanya atau merespon berbagai pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa yang lain.

Penilaian (Assessment)
Komponen yang dinilai dalam perkuliahan Dirasah Islamiyah antara lain:
a. Ujian Tengah Semester (UTS)
b. Ujian Akhir Semester (UAS)
c. Karya Tulis
d. Aktivitas Diskusi

Kehadiran mahasiswa minimal 75% dari seluruh pertemuan, apabila kurang dari 75% mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

Ketentuan Lain

  1. Mahasiswa dan dosen akan hadir di kelas tepat waktu dan mengenakan pakaian rapi dan sopan, sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi perkuliahan.
  2. Tugas menulis (writing assignment) akan dibuat oleh mahasiswa dengan mengedepankan originalitas (hasil karya sendiri) bukan plagiasi (mencontek dan atau memindahkan karya orang lain secara tidak jujur). Karya tulis hasil plagiasi akan mendapatkan nilai “E”.
  3. Setiap tugas karya tulis akan diserahkan oleh mahasiswa tepat pada waktu yang telah disepakati. Keterlambatan penyerahan tugas akan mengurangi penilaian.
  4. Proses perkuliahan akan dilakukan dalam suasana yang serius tapi santai. Mahasiswa dan dosen diperbolehkan membawa minuman.
  5. Mahasiswa dapat melakukan konsultasi dengan dosen tentang materi perkuliahan melalui e-mail: ayiyunus@yahoo.com atau account facebook: Ayi Yunus Rusyana

Buku-buku Rujukan
1. Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
2. Ahmad Hasan, Pintu Ijtihad Sebelum Tertutup. Bandung: Pustaka.
3. Amin Abdullah, Studi Agama; Normativitas dan Historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
4. Atang Abd.Hakim dan Jaih Mubarak, Metodologi Studi Islam. Bandung: Rosdakarya.
5. Atho Muzdhar, Pendekatan Studi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
6. Endang Saefudin Anshari, Wawasan Islam. Bandung: Pustaka.
7. Fazlur Rahman, Islam. Bandung: Pustaka.
8. Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
9. Harun Nasution. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid I & II. Jakarta: UI Press, 1984.
10. Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang.
11. Harun Nasution, Theologi Islam. Yogyakarta: UII Press
12. Jalaludin Rakhmat, Ijtihad dalam Sorotan. Bandung: Mizan.
13. Komarudin Hidayat, Agama Masa Depan; Jakarta: Paramadina.
14. Kuntowijoyo, Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan.
15. M. Amin Abdullah, Falsafah Kalam di Era Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
16. M. Amin Abdullah, Dinamika Islam Kultural, Bandung: Mizan.
17. M. Quraish Syihab. Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan.
18. Mark R. Woodward, Jalan Baru Islam. Bandung: Mizan.
19. Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung: Mizan.
20. Syamsul Anwar, dkk. Fikih Antikirupsi. Jakarta: PSAP.
21. Trias Kuncahyono, Jerussalem. Jakarta: Gramedia.
22. Yusuf al-Qardhawi, Ijtihad Kontemporer. Jakarta: Risalah Gusti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s