How Can I?


bayangkan, sebelumnya asa teu ngimpi-ngimpi acan, bisa jalan-jalan di negara adikuasa ini. bagaimana ceritanya bisa nyampe ke Amrik? Hmm… ceritanya begini.

pada bulan Oktober 2006, saya mendapatkan form aplikasi untuk mengikuti Community Leader Program ke Amerika yang ditawarkan CCE (Center for Civic Education) ke Muhammadiyah. awalnya sih saya sempat ragu untuk mengisi dan mengirimkan aplikasi. selain nggak PD, saya nggak punya bayangan apapun untuk mengunjungi negaranya adikuasa ini. tapi, seminggu sebelum dead line, pikiran saya berubah. why not, saya nyoba masukkin aplikasi. kalaupun nggak lolos seleksi, toh saya nggak rugi. semua proses seleksi kan gratis. kalaupun nggak lolos, paling tidak saya punya pengalaman ikutan seleksi. jadi, kalo ada seleksi yang serupa, saya bisa ikutan lagi.

sebulan setelah kirim aplikasi, ada telpon masuk pake nomor jakarta. sebenarnya sih, isteri saya yang ngasih tahu ada telpon tersebut. saya,pada waktu itu kebetulan lagi di kamar mandi. lalu saya angkat, ternyata panitia dari CCE. perempuan. dia bilang saya tlah lolos seleksi administrasi. terus dia mau wawancara via telpon, pake bahasa inggris. alah mak… saya deg degan. saya minta waktu sebentar. selain karena sedang di kamar mandi, juga supaya saya bisa berdoa dulu. berdoa sabisa-bisa.

selesai interviewed by phone, saya diminta datang ke hotel Sheraton di Dago tiga hari lagi, tepatnya hari jum’at jam 08.00, untuk wawancara yang sesunguhnya. hmmm… saya pun semakin nervous… akhirnya saya pun ke hotel itu dan diinterview oleh 3 orang.

lama tak ada kabar berita dari panitia, saya menjadi hopeless… hingga suatu hari saya ditelpon dari jakarta yang mengabarkan saya terpilih menjadi peserta Community Leader Program 2007. oh my god… saya tidak percaya dengan berita itu begitu saja. saya sampai nanya berkali-kali mengenai kebenaran berita itu. berkali-kali pula, panitia meyakinkan saya. akhirnya aku pun bersujud syukur… ini seperti dalam mimpi… saya pun tak sabar menunggu, karena dalam program ini, saya akan ke Chigago, Memphis-Tennesse, Clarskdale (tempat sucinya pengemar musik blues), mississippi, georgia, montgomery, atalanta, washington DC (gila… saya ketemu barrack Obama euy!)

Leave a Reply

