isteri temanku kena tumor otak


makanya, sabtu 25 oktober 2008 kemarin, saya dengan beberapa teman dari angkatan shabelas darul arqam (da) garut pergi ke jakarta untuk menengoknya. ada dua mobil yang mengangkut kami. satu dari garut, satunya lagi dari bandung. jumlah semuanya 15 orang. mestinya, kami pergi menengok beberapa hari yang lalu. tapi, karena semua sibuk (atau banyak yang sok sibuk), jadi baru bisa menengoknya kemarin.

kata john, ketua rombongan merangkap driver, kami akan berangkat jam 1 dan mesti kumpul di drumaholic-cihampelas. drumaholic itu kumpulan orang-orang yang suka menabuh drum se-bandung. paling tidak itu klaim si john. base camp nya di cihampelas. belakang bakso semar dan pinggir lotek petruk, hi hi hi.

saya pun pergi ke drumaholic jam 12.40. dasar ngaret. sewaktu nyampai ke drumaholic, hanya ada john seorang sambil surungah-serengeh. saya pun merasa kaduhung, percaya sama john, dkk yang ternyata temannya ened. orang yang satu ini dikenal suka ngaret. karena menunggu jae, haisal dan daday, jadinya kita berangkat jam 15.00. itupun setelah terjadi perdebatan apakah shalat ashar dulu atau tidak. padahal rombongan dari garut, sudah berangkat jam 13.00. mereka nunggu di tempat istirahat km 90 di tol cipularang sejak jam 15.00. pasti mereka sudah makan bakso masing-masing tiga porsi menunggu kedatangan kami yang baru nyampe jam 16.30.

sekarang balik lagi ke maksud semula pergi ke jakarta. sebenarnya, imel –nama isterinya iswahyudi (teman seangkatan di da)—sudah berada di rumah sakit siloam sejak tanggal 5 syawal/5 oktober. dia berada di ruang icu tak sadarkan diri setelah sebelumnya dilakukan operasi untuk yang ke-2 kali. oh ya, saya ceritakan dulu, kalu imel sebenarnya pernah dioperasi pada bulan mei 2008. kata etching, sapaan akrab iswahyudi, asalnya mata imel itu tiba-tiba juling. padahal sebelumnya tidak. maka etching pun membawanya ke dokter mata. tapi, kata dokter, matanya masih sehat, hat, hat… lalu imel diperiksa pake ct scan, ternyata… ada tumor di kepalanya. tumor itu telah menekan syaraf matanya. makanya, mata imel jadi juling. akhirnya, imel dioperasi di rs siloam.

nah, beberapa hari yang lalu, imel menjalani operasi yang ke-2. proses operasinya memakan waktu kurang lebih 13 jam. hmmm… saya tidak bisa membayangkan ketegangan etching dan para dokter yang mengoperasinya. tentu saja etching tidak ikut mengoperasi. dia pasti ikut berdoa. babacaan sabisa-bisa.

operasinya berjalan lancar. meski tidak semua tumornya bias diangkat. sebab tumor di kepalanya itu dicengkram oleh syaraf. padahal syaraf itu bagaikan tahu. sedangkan tumor ya daging. kalo tumornya diangkat semua, pasti syarafnya kena. tapi, ternyata setelah dioperasi, imel tak kunjung sadar. ternyata imel mengalami pendarahan dua kali. tapi alhamdulillah, ketika kami menengoknya, kata etching, imel sudah melalui masa kritisnya. dia sudah bisa memberikan respon dari gerakan tangan dan matanya, begitu namanya dipanggil. hmm, kami pun berdoa semoga imel cepat sembuh.

tapi etching memang pejantan…eh pemuda tangguh. walaupun isterinya sedang sakit, dia tampak tenang dan shabar. dia menceritakan kondisi isterinya dengan lancar. wah salut deh cing!

ketika etching cerita, saya merasa penasaran dengan jumlah biaya yang dihabiskannya. kata etching, operasi pertama menghabiskan biaya 120jt. edun… mani loba-loba teuing cing! tapi alhamdulillah… semua biaya rumah sakit dicover oleh perusahaan tempat etching kerja. operasi yang kedua juga bakal dicover sama perusahaan. etching kerja di mana? di freeport, euh pantes we atuh semuanya ditanggung ku perusahaan. menurut saya sih, uang segitu besar mungkin bagaikan beli tusuk gigi saja bagi freeport. tapi kalau memilih, tentu saja mending kita sehat dibanding sakit, walaupun gratis, bener teu? atau sehat, tapi dikasih atahannana…!?! Imel, semoga kau cepat sembuh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s