manusia terbaik


manusia terbaik di dunia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya. dalam hadits disebutkan: “Khair al-nas anfa’uhum li al-naas”.
inilah yang menjadi filosofi Onno Purba, ketika membuat web site ilmu komputer.com, disaat diwawancara oleh sebuah televisi. dia ingin menyebarkan ilmunya secara gratis kepada siapapun yang membutuhkannya. tanpa hak cipta, dan gratis. luar biasa.
saya tidak tahu, sejauh mana saya menginternalisasikan hadits tersbebut. padahal kalimat bijak ini sudah saya ketahui, sejak 20 tahun yang lalu. di pesantren. seringkali, saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. tanpa reserve. tapi, selalu tercetus keinginan akan imbalan materi. susah. tapi harus dicoba.
mungkin saya belum mapan, secara materi. atau mungkinkah saya terlalu rakus, dan tidak memiliki sifat qana’ah?  atau mungkin masih dalam “proses menjadi”.

Leave a Reply

