Matt, “Malaikat” Pembuat WordPress


Siang tadi, saya membaca rubrik “Sosok” di Kompas, Sabtu, 31 Januari 2009. Kali ini, sosok yang diangkatnya adalah Matthew Charles Mullenweg. Semula, saya merasa biasa saja ketika membacanya. Tetapi, saya semakin antusias membaca kata demi kata, setelah tahu bahwa Matt –nama panggilannya—adalah orang yang telah menciptakan WordPress, sebuah mesin blog yang belakangan ini dikenal luas di kalangan blogger di seluruh dunia.

Saya sendiri, setelah sekitar 3 bulan yang lalu membuat blog http://www.punayi.wordpress.com, tidak pernah mengetahui pencipta blog gratisan dan berbasis open source tersebut. Saya selalu log in, meng-upload tulisan atau foto, dan setelah itu log out. Berkali-kali, dari waktu ke waktu. Sampai sini, saya baru sadar dengan kelancangan saya; memanfaatkan blog WordPress tanpa mengetahui –atau lebih tepatnya berusaha mencari tahu— serta meminta izin dan menyapa pemiliknya. Tapi, Matt tentu tidak akan marah, karena baginya uang bukan tujuannya membuat WordPress. “Jangan selalu beranggapan bahwa uang adalah segala-galanya,” kata Matt tentang sikap berbaginya yang melabrak batas negara dunia itu. Walaupun Matt tidak menyangkal kalau ia memperoleh pendapatan dengan mendirikan perusahaan di balik WordPress, seperti Automattic, Akismet, Gravatar, bbPress, IntenseDebate, dan BuddyPress.

Tidak heran jika di kalangan blogger dunia, Matt, dianggap “malaikat” yang teramat baik hati karena mau menggratiskan mesin blog kepada siapa pun yang mau mengambilnya di WordPress. Bahkan ia menampik kalau suatu saat WordPress akan dijualnya kepada perusahaan raksasa internet dengan harga selangit, seperti halnya Blogger atau YouTube, situs video terpopuler berbasis user generated content yang dimiliki Google.

Yang membuat saya terkejut, ternyata Matt masih muda dan bujangan. Usianya, tepat 25 tahun pada 11 Januari lalu. (Hmm, saya sudah kelas 2 Sekolah Dasar, ketika dia baru lahir ke dunia ini). Maret 2007, pemuda kelahiran Houston-Texas ini sudah tercatat di nomor 16 daftar “The Most Important People on the Web” pada majalah PC World dan menjadi orang termuda dalam daftar majalah itu. Dia juga tercatat dalam 30 orang terpenting di bawah usia 30 tahun di Inc.com, serta terdaftar dalam “25 Most Influential People on the Web” pada Business Week. Luarrr biasa!

Bagi saya, Matt adalah contoh kogkrit dari sebuah riwayat yang berbunyi “Khairunnaas anfa’uhum linnaas” (manusia terbaik adalah manusia yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia yang lain). Uniknya, latar belakang Matt bukan ilmu komputer atau teknologi informasi, melainkan ilmu politik. Ia menimba ilmu itu selama dua tahun di sebuah college sebelum akhirnya berhenti karena membangun infrastruktur sebuah mesin online yang menyita banyak waktu. Untuk seorang entrepreneur muda dan sukses, penampilan Matt relatif sederhana, celana jins dan kaus oblong yang dibungkus kemeja. Dia suka menjinjing tas dan iPhone bercangkang huruf “W” sebagai kependekan dari WordPress.

Kini, WordPress dikenal sebagai penyedia blog paling progresif yang bisa dipadankan dengan situs pertemanan, Facebook. Simak saja data berikut ini seperti dilansir Kompas: hingga tahun 2008, tercatat 230 juta pengakses tetap (unique visitors) dengan 6,5 miliar halaman WordPress yang dilihat. Sementara itu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting tiap bulan.

Kejutan lainnya, ternyata bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga terbesar pengguna WordPress di dunia, setelah Bahasa Inggris dan Spanyol. Situs Alexa mencatat 280.000 blog WordPress menggunakan bahasa Indonesia. Salah satunya, pasti saya, he he… Karena itulah, tanggal 17-18 Januari 2009 yang lalu, ia datang ke Jakarta, menjadi pembicara pada WordCamp, semacam ajang berkumpulnya pengguna, penyuka, dan pengembang WordPress di Tanah Air. “Saya menaruh hormat, dan untuk alasan itulah saya ada di Jakarta,” ujar Matt.

Thanx Matt, semoga kamu bisa menginspirasi saya dalam berkarya dan berkhidmat kepada manusia yang lain!

One thought on “Matt, “Malaikat” Pembuat WordPress

Leave a Reply

